RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD Negeri Pekanbaru
Kelas
/Semester : I/1 (satu)
Tema
1 /Subtema 2 : 1. Diriku/ Tubuhku
Pembelajaran :
1
Alokasi Waktu : 5 X 35 menit (1 x Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat,
membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.4
Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya
melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair
lagu)
|
· Menyebutkan minimal 10 nama anggota tubuh dengan
tepat.
· Membaca minimal 10 nama anggota tubuh dengan
tepat.
·
Menentukan kartu kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh
yang ditentukan.
|
4.4
Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca
indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulisan.
|
·
Menggunakan
kosakata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan,
dengan bantuan bahasa daerah.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
|
Mengidentifikasi
gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
·
Menjelaskan aturan
makan (sebelum, saat, dan sesudah)
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
·
Menunjukkan
sikap mengikuti aturan makan di rumah (sebelum, saat, dan sesudah).
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah menyanyikan lagu, siswa
dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
2.
Dengan menirukan ucapan guru,
siswa dapat membaca nama
bagian-bagian tubuh dengan tepat.
3.
Dengan permainan memilih kartu
kata, siswa dapat menentukan kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh
yang ditentukan.
4.
Melalui diskusi, siswa dapat
menjelaskan aturan sebelum, saat , dan sesudah makan di rumah dengan tepat.
5.
Melalui simulasi/bermain
peran/presentasi sederhana, siswa menunjukkan sikap mengikuti aturan saat makan
dengan tepat.
6.
Melalui ragam gerak, siswa dapat
mengidentifikasi gerak anggota tubuh dengan tepat.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Kosakata tentang
anggota tubuh
2.
Aturan makan
3.
Gerak anggota tubuh dalam tari
E. Metode
Pembelajaran
Eksplorasi,
diskusi, dan tanya jawab.
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
(15 menit)
1.
Guru memberi salam, menyapa siswa,
menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk
selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
2.
Siswa berdoa sebelum
memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa
(agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat). Berdoa
dapat dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk (Selama berdoa
guru mengamati dengan seksama sikap siswa saat berdoa).
3.
Siswa satu demi satu
menyampaikan komitmen tentang sikap yang ingin mereka tunjukkan hari ini. (Ini adalah salah satu upaya
pembiasaan untuk penguatan karakter).
Bisa diawali oleh guru misalnya komitmen guru hari ini ingin menunjukkan
perilaku tepat waktu.
4.
Siswa diajak
meneriakkan yel-yel penyemangat (guru
silahkan berkreasi menciptakan yel-yel penyemangat).
5.
Siswa menyimak guru
membacakan syair lagu “Dua Mata Saya”
dengan intonasi dan ekspresi yang menarik (sebelumnya guru sudah menempelkan
syair lagu yang akan dibacakan di papan tulis, diupayakan berukuran besar).
6. Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan tentang isi
teks lagu (jika siswa kurang merespon, maka guru berusaha memancing pertanyaan
dari siswa), misalnya:
-
Apa isi syair lagu tersebut?
-
Kosa kata apa saja yang
mereka peroleh dari syair lagu tersebut?
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang judul lagu, pengarang, dan hal-hal lain
yang menarik yang dapat dicermati dari lagu tersebut, untuk membiasakan siswa
mengapresiasi karya orang lain.
8.
Siswa diminta memperkirakan apa
yang akan mereka pelajari terkait dengan syair yang baru didengarkan. Guru
merespon pendapat siswa sambil mengarahkan agar siswa mengetahui tujuan
pembelajaran yang akan dicapai termasuk sikap yang akan dinilai selama proses
pembelajaran.
Kegiatan
Inti (145 menit)
1.
Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata
Saya” bersama-sama.
2.
Setelah bernyanyi, siswa diminta
mengamati gambar anggota tubuh yang dipajang guru di papan tulis (gambar
tersebut belum dilengkapi dengan nama-nama anggota tubuh).
3.
Salah satu siswa diminta
menunjukkan bagian-bagian tubuh yang ada dalam teks lagu “Dua Mata Saya”. Guru
meminta siswa menunjukkan kata pada
syair lagu tersebut yang merupakan nama anggota tubuh.
4.
Siswa diarahkan untuk aktif
mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh dengan menyebutkan nama anggota tubuh
yang ditunjuk oleh guru.
5.
Guru memperlihatkan salah satu
kartu nama anggota tubuh dan menanyakan huruf yang ada pada kartu nama
tersebut. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyebutkan huruf dan membaca
katanya.
6.
Siswa menempelkan kartu nama
tersebut pada bagian tubuh yang dimaksud/ditunjuk.
7.
Siswa diperlihatkan kartu lain, hingga semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
8.
Siswa dan guru mengecek bersama,
dengan menunjuk salah satu bagian dan membacakan kartu nama anggota tubuh yang
tertempel. Jika ada yang kurang tepat, siswa lain
membetulkan.
9.
Setelah semua kartu nama anggota
tubuh terpasang, guru memandu siswa membaca semua nama anggota tubuh tersebut
bersama-sama.
10. Siswa
diberikan tantangan untuk membaca
nama-nama anggota tubuh yang ditunjuk guru secara mandiri (guru mengamati sikap
percaya diri siswa).
11. Siswa menjawab pertanyaan guru, bagaimana cara
menjaga agar tubuh
tetap sehat?.
(Guru mengarahkan pertanyaannya agar salah satu jawabannya adalah ‘makan’).
12. Siswa
menyimak penjelasan guru bahwa makan harus dilakukan dengan
aturan-aturan tertentu. Guru bertanya apakah siswa memiliki aturan makan di
rumah masing-masing?. Jenis pertanyaan dipandu oleh
guru, misalnya:
-
apakah tadi pagi sudah makan?;
-
sebelum makan, apakah ada yang
harus kamu lakukan?;
-
jika
makan di mana?, di meja makan atau boleh di mana saja?;
-
saat makan,
apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri?;
-
bagaimana sikap saat makan?;
-
bagaimana sikap jika sudah
selesai makan?.
13. Untuk
menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa membentuk pasangan untuk
bertukar informasi.
14. Siswa
saling menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan makan di rumah,
baik sebelum, saat makan, dan sesudahnya (selama siswa berdiskusi guru
mengamati sikap kerja sama siswa).
15. Siswa diminta menunjukkan/mempresentasikan hasil tanya
jawab tentang sikap saat makan di rumah (guru mengamati sikap percaya diri
siswa).
16. Siswa
mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap
siswa sebelum, saat, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku
siswa
17. Siswa menyimak rangkuman guru atas semua jawaban
siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan makan di rumah.
Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
-
Mencuci tangan sebelum makan.
-
Berdoa sebelum makan.
-
Duduk saat sedang makan.
-
Tidak berbicara ketika sedang
mengunyah makanan.
-
Tidak mengambil makanan
berlebihan.
-
Berdoa setelah makan.
-
Merapikan bekas makan sendiri.
18. Siswa
menyimak penguatan guru untuk mengikuti aturan saat
makan.
19. Siswa
difasilitasi untuk berdiskusi tentang cara menjaga kesehatan tubuh. Guru
mengarahkan diskusi akan pentingnya
menggerakkan tubuh secara teratur. Ada beberapa cara menggerakkan tubuh seperti
berlari, bersepeda, senam, juga dengan menari. Menari juga menyehatkan tubuh, karena menari
melancarkan peredaran darah dan membuat hati gembira.
20. Siswa
diajak bersenang-senang dengan menggerakkan anggota tubuh
sambil bernyanyi dan mengingat kembali nama-nama anggota tubuh (lihat buku
siswa halaman 41)
.
21. Guru
memberikan contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti.
Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan
instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak
Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-
Sikap berdiri, pandangan ke depan.
-
Kedua tangan di pinggang.
-
Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk.
-
Gerak kepala tengok kanan dan
kiri.
22.
Awalnya seluruh siswa melakukan gerakan dengan arahan guru.
Lalu bergantian perkelompok siswa mengulangi gerakan tariannya di depan
teman-temannya (saat siswa menari guru mengamati sikap siswa baik percaya diri,
kerja sama, maupun kedisiplinan).
23.
Setelah menari, guru
menanyakan perasaan siswa. Guru juga mengingatkan kembali pentingnya
menggerakkan tubuh bagi kesehatan.
Sebagai akhir dari kegiatan siswa
mengerjakan lembar kerja di buku siswa halaman 42 dan 43.
Penutup
(15 menit)
1.
Siswa menyimak ulasan guru tentang kegiatan yang sudah dilakukan dan
meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja dilakukan dengan
menjawab pertanyaan:
-
Bagaimana perasaan kalian
mengikuti kegiatan hari ini?
-
Kegiatan apa yang paling kamu
sukai? Mengapa?
-
Kegiatan mana yang paling
mudah/sulit? Mengapa?
-
Sikap apa yang dapat kamu
terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah
belajar?
- Apakah
kamu merasa telah berhasil menunjukkan sikap yang tadi pagi ingin kamu
tunjukkan?
2.
Siswa menyimak penguatan dan
kesimpulan pembelajaran hari ini yang disampaikan
guru.
3.
Siswa bersama guru merayakan
keberhasilan pembelajaran dengan mengumandangkan yel-yel penyemangat.
4.
Sebagai penutup guru mengajak
siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan
di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap
berdoa yang baik.
5.
Selesai berdo’a,
siswa memberi salam
pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam
pada orang tua
G. Penilaian
1. Sikap:
2. Pengetahuan: Lembar latihan pada buku
siswa halaman 42-43
3. Keterampilan:
a. Bahasa Indonesia: Menggunakan Kosakata Anggota Tubuh dalam Teks
Tidak ada komentar:
Posting Komentar