RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BAHASA
INDONESIA KELAS 3
SEMESTER I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SD Negeri 1 Gembongan
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : III (Tiga)/
1 (Satu)
Waktu : 4x35 menit (2 pertemuan)
Pelaksanaan : Selasa, 27 November 2012
A.
STANDAR
KOMPETENSI
3. Memahami teks dengan membaca
nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
B.
KOMPETENSI
DASAR
3.2 Menjelaskan isi teks (100–150 kata)
melalui membaca intensif
C.
INDIKATOR
Menjelaskan kata-kata sulit.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat mencari
kata-kata sulit dalam bacaan/teks.
2. Siswa
dapat menyebutkan kata – kata sukar yang ada dalam contoh bacaan yang telah
disediakan.
3.
Siswa dapat mendiskusikan
arti kata-kata sulit yang ditemukan dalam teks.
4.
Siswa dapat membuat
kalimat dari kata-kata sulit yang ditemukan dalam teks.
E.
Karakter
siswa yang diharapkan :
1.
Teliti
2.
Berani
bertanya dan menjawab
3. Tanggung Jawab
F.
MATERI
POKOK
Kata
kata sulit dalam bacaan.
G.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode
Pembelajaran:
a. Ceramah
b. Tanya
jawab
c. Penugasan
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1. Kegiatan
Awal (10 menit)
a. Presensi,
Membaca doa
b. Apersepsi
1. mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
2. Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3.
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
Inti ( 50 menit)
a.
Eksplorasi
1. Siswa membaca bacaan secara intensif dalam hati.
2. Secara bergantian siswa membaca bacaan dengan bersuara.
3.
Siswa mencari dan mendaftar kata-kata sukar yang terdapat dalam bacaan.
b.
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru berdasarkan teks yang telah dibacakan.
c.
Konfirmasi
1) Guru
bersama siswa mengoreksi hasil kerja siswa.
2) Guru
melakukan tanya jawab tentang materi yang belum jelas.
3. Kegiatan
Akhir ( 10 menit )
a. Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
b. Guru
memberikan PR kepada siswa.
Pertemuan II
1. Kegiatan
Awal (25 menit)
a. Presensi,
Membaca doa
b. Apersepsi
1. mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
2. Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3.
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
c. Membahas
hasil tugas rumah
2. Kegiatan
Inti ( 35 menit)
a.
Eksplorasi
1. Siswa membaca bacaan secara intensif untuk memahami isi bacaan.
2. Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang isi bacaan.
3. Siswa membuat kalimat dengan kata-kata
yang terdapat dalam bacaan.
b.
Elaborasi
Memberi
kesempatan siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut
c.
Konfirmasi
1. Guru
bersama siswa mengoreksi hasil kerja siswa.
2. Guru
melakukan tanya jawab tentang materi yang belum jelas.
3. Kegiatan
Akhir ( 10 menit )
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi pelajaran.
I.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
a) Teks
bacaan
b) Kamus
Bahasa Indonesia
c) Buku
Bahasa Indonesia BSE untuk sekolah dasar kelas 3.
J.
PENILAIAN
a. Prosedur
Tes
Awal : Saat tanya jawab pada apersepsi
Tes
Proses : saat pembelajaran berlangsung
Tes
Akhir : mengerjakan soal dari
guru
b. JenisTes
Tes
tertulis : tes jawab singkat (5
butir)
c. PedomanPenilaian
Tiap jawaban benar
bernilai 20
NA=
Mengetahui, Banjarnegara , 25
November 2012
KepalaSekolah Guru Kelas,
Masitah,
S.Pd.SD Mifta
Resti K.
NIP
19690319 1993 2 006 NIM 1401410041
Tidak ada komentar:
Posting Komentar