Havighurst menyatakan bahwa tugas perkembangan merupakan
tugas yang muncul pada saat atau sekitar periode tertentu dari
kehidupanindividu. Beberapa tugas perkembangan yang dilakukan oleh individu
muncul sebagai akibat dari kematangan fisik dan sebagian lain berkembang dari
adanya tekanan-tekanan dari budaya dan masyarakat, juga karena adanya nilai
–nilai dan aspirasi individu. Namun pada umumnya kemunculan tugas-tugas
perkembangan itu disebabkan oleh adanya ketiga kekuatan tersebut secara
serempak.
Tugas-tugas perkembangan pada setiap individu menurut
Havighurst (Hurlock, 1980) adalah sebagai berikut:
1.
Masa Bayi dan Awal masa kanak-kanak
a.
Belajar memakan makanan padat
b.
Belajar berjalan
c.
Belajar berbicara
d.
Belajar emngendalikan pembuangan kotoran tubuh
e.
Mempelajari perbedaan seks dan tata caranya
f.
Mempersiapkan diri untuk membaca
g.
Belajar membedakan benar dan salah dan mulai
mengembangkan hati nurani
2.
Akhir
masa kanak-kanak
a.
Belajar keterampilan fisik yang diperlukan untuk
bermain
b.
Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri
sebagai makhluk yang sedang tumbuh
c.
Belajar menyesuaikan diri dengan teman sebayanya
d.
Mulai mengembangkan eran social pria dan wanita
e.
Mengembangkan keterampilan dasar untuk membaca,
menulis, dan berhitung
f.
Mengembangkan pengertian-pengertian yang
diperlukan untuk kehidupan sehari-hari
g.
Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan
tata dan tingkatan nilai
h.
Mengembangkan sikap terhadap kelompok social
danlembaga
i.
Mencapai kebebasan pribadi
3.
Masa Remaja
a.
Mencapai hubungan baru dan yang lebih matang
dengan teman sebaya baik pria maupun wanita
b.
Mencapai peran social pria dan wanita
c.
Menerima keadaan fisiknya dan menggunakan
tubuhnya secara efektif
d.
Mengharapkan dan mencapai perilaku social yang
bertanggung jawab
e.
Mencapai kemandirian emosional dariorang tua dan
orang dewasa lainnya
f.
Mempersiapkan karier ekonomi
g.
Mempersiapkan perkawinan dan keluarga
h.
Memperoleh perangkat nilai dan system etika
sebagai pegangan untuk berperilaku mengembangkan ideology
4.
Awal Masa Dewasa
a.
Mulai bekerja
b.
Memilih pasangan
c.
Belajar hidup dengan tunangan
d.
Mulai membina keluarga
e.
Mengasuh anak
f.
Mengelola rumah tangga
g.
Mengambill tanggung jawab sebagai warga Negara
h.
Mencari kelompok social yang menyenangkan
5.
Masa Usia Paroh Baya
a.
Mencapai tanggung jawab social dan dewasa
sebagai warga negara
b.
Membantu
anak-anak remaja belajar menjadi orang dewasa yang bertanggunng jawab dan
bahagia
c.
Mengembangkan kegiatan-kegiatan pengisi waktu
luang
d.
Menghubungkan diri sendiri dengan pasangan hidup
sebagai individu
e.
Menerima dan menyesuaikan diri dengan
perubahan-perubahan fisik
f.
Mencapai dan mempertahankan prestasi yang
memuaskan dalam karier pekerjaan
g.
Menyesuaikan diri dengan orang tua yang semakin
tua
6.
Masa Tua
a.
Menyesuaikan diri dengan menurunnya kekuatan
fisik dan kesehatan
b.
Menyesuaikan diri dengan masa pension dan
berkurangnya penghasilan keluarga
c.
Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup
d.
Membentuk hubungan dengan orang-orang seusia
e.
Membentuk pengaturan kehidupan fisik yang
memuaskan
f.
Menyesuaikan diri dengan peran social secara
fleksibel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar