Model pembelajaran : Webbed (Jaring
Laba-laba)
Kelas/semester :
IV / I
Tema : Gemar bernyanyi dan
Menari
Mata
pelajaran :
1. Bahasa
Indonesia : Membaca teks lagu yang
dipelajari dengan lancar
Menyajikan
informasi dalam bentuk tabel
2. Matematika : Menuliskan
hasil wawancara dalam bentuk diagram/
grafik gambar (pitograf)
3. PPkn : Mengamati
dan menceriterakan keberagaman karateristik
individu di rumah dan sekolah
4. SBK
: Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi
lagu
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan
Pendahuluan :
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru
membuka pelajaran dengan menanyakan kepada siswa, siapa di antara mereka yang
suka bernyanyi
Kegiatan inti :
1.
Guru menyampaikan bahwa setiap orang
memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi, ada juga yang
pandai dalam hal yang lain.
2.
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang kegiatan bernyanyi.
3.
Siswa menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”
bersama-sama dengan bimbingan guru berdasarkan teks yang ada di buku. (Bahasa Indonesia)
4.
Kemudian, siswa diminta menyanyikannya
bergantian secara berpasangan di depan kelas.
5.
Setelah itu giliran guru meminta siswa
melakukan survei sederhana tentang lagu anak-anak kesukaan teman-temannya (PPkn)
6.
Siswa mendengarkan penjelasan tentang
bagaimana melakukan survei.
7.
Selanjutnya siswa melakukan survei untuk
lagu-lagu yang lain.
8.
Jika telah selesai melakukan survei maka
seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum “sebanyak siswa yang memilih suatu
lagu.
9.
Guru berkeliling untuk mengamati kerja
siswa
10.
Setelah semua siswa selesai, siswa
diminta mengamati hasil pekerjaannya.
11.
Guru bertanya,”Apa lagu yang paling
banyak disukai siswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?”, “Buat
urutan dari lagu yang paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu
yang paling sedikit disukai siswa!”
12.
Guru menjelaskan bahwa informasi yang
dibuat dalam bentuk seperti itu disebut
dengan piktograf atau grafik gambar. (Matematika)
13.
Siswa bersama guru menyanyikan kembali
lagu “Lihat Kebunku”.
14.
Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok
pertama menyanyikan lagu, kelompok lainnya mendengarkan.
15.
Berikutnya kelompok kedua menyanyikan
lagu, kelompok pertama mendengarkan.
16.
Kelompok kedua menyanyikan sekali lagi
kelompok pertama mendengarkan dengan telingan ditutup dengan jari.
17.
Guru menanyakan perbedaan suara yang
didengar.
18.
Kemudian siswa diminta untuk
mendengarkan suara-suara di sekitar dengan semua siswa diam.
19.
Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara
tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan bahwa suara itu ada yang keras,
sedang, dan ada yang lembut. (SBK)
20.
Guru meminta siswa untuk membandingkan
lagu yang dinyanyikan sendiri dengan yang dinyanyikan bersama-sama (paduan
suara).
21.
Siswa juga diminta untuk melakukan
percobaan, yaitu mendengarkan teman yang bicara berhadap-hadapan, teman yang
berbicara dengan berbisik, dan teman yang sedang memanggil teman lain yang jauh
dari dia.
22.
Setelah melakukan percobaan dan
memperhatikan suara-suara di sekitar (Teman berbisik, Teman sedang
bercakap-cakap, Memanggil teman dari jauh), kemudian mengelompokkan jenis
suaranya.
23.
Dari seluruh data yang ada pada tabel
siswa diminta untuk menuliskan suara yang paling keras dan yang paling lembut.
Kegiatan
Penutup :
1. Bersama siswa membuat kesimpulan
2. Melakukan tanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdoa
Sangat bermanfaat, terima kasih
BalasHapusterima kasih, sangat bermanfaat untuk saya
BalasHapus