(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri...........
Kelas/Semester : II/1
Tema :
Hidup Rukun
Sub Tema : Hidup
Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 6 ( Enam)
Waktu :
1 Hari (5x35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan IndikatorB
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.5.12 Menjelaskan akibat tidak
hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi
kemajemukan teman.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan
blok Dienes (kubus satuan)
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan
bilanganbilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.6 Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih
sedikit, atau sama banyak.
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.2 Membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan
yang kurang dari 100.
PPKn
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4
Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.8 Menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka.
4.3.4 Menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
sekolah.
SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan
pola irama rata dengan alat musik ritmik.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata
sendiri yang bermakna
Indikator
4.7.1 Membuat lagu anak-anak sederhana
dengan kata-kata sendiri yang bermakna
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang
bermakna
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menjodohkan gambar wajah anak dengan cita-citanya
dengan teliti.
2. Dengan
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas
berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya diri.
3. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Bintang Kejora dengan penuh
percaya diri.
4. Dengan
menyanyikan lagu Bintang Kejora, siswa dapat menunjukkan pola irama rata pada
alat musik ritmik dengan percaya diri
5. Dengan
penugasan guru, siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata
sendiri yang bermakna dengan teliti.
6. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.
7. Dengan
bekerjasama dengan teman sebangku, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda
melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak dengan teliti.
8. Dengan
bekerja sama membandingkan dua kumpulan benda, siswa dapat menunjukkan perilaku
mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah dengan santun dan
percaya diri.
9. Dengan
bekerjasama, siswa dapat menerapkan permintaan maaf atas kesalahan sendiri
untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan dengan percaya diri, teliti
dan santun.
10. Dengan
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan
teman dengan santun.
11. Dengan
melengkapi barisan bilangan, siswa dapat membuat pola deret bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100 dengan teliti.
12. Dengan
media gambar kubus satuan, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dengan
teliti.
13. Dengan
penugasan guru, siswa dapat mengurutkan benda dari yang terbesar sampai
terkecil dengan teliti.
D.
Materi
Ajar
Bahasa indonesia
ü Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
ü Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan
hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.
ü Menulis syair lagu
Matematika
ü Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah
lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.
ü Mengurutkan bilangan sampai 500.
ü Membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan
bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
PPKn
Keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita
SBdP
ü Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata
sendiri yang bermakna
ü Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode :
Penugasan, tanya jawab,
diskusi, ceramah dan demonstrasi
Pendekatan : Scientifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media : Gambar
menjodohkan wajah anak dengan cita-citanya, Syair lagu "Bintang
Kejora", Gambar kumpulan benda, Gambar kubus satuan.
Alat :
-
Sumber : Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa
Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam.
2. Guru
menanyakan kabar siswa.
3. Mengajak
semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
4. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
5. Menginformasikan
subtema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup rukun di
sekolah”.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
7. Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar wajah anak dan cita-cita dengan
teliti.
8. Siswa
mengamati gambar wajah anak dan cita-cita (mengamati).
9. Siswa
menjodohkan gambar wajah anak dengan cita-citanya (mencoba).
10. Siswa bertanya
jawab menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita
mereka dengan percaya diri (menanya).
11. Guru
membimbing siswa untuk menyanyikan lagu Bintang Kejora denga santun.
12. Siswa
menyanyikan lagu Bintang Kejora (mencoba).
13. Guru
membimbing siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri
yang bermakna dengan teliti.
14. Siswa membuat
lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna (menalar).
15. Siswa
menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna
(mencoba).
16. Guru
membimbing siswa untuk membandingkan banyak benda dengan teliti.
17. Siswa
meghitung banyak huruf pada syair lagunya (mencoba).
18. Siswa
bekerjasama dengan teman sebangku membandingkan jumlah huruf syair lagu yang
dibuatnya dengan yang dibuat temannya (mencoba).
19. Siswa
menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
sekolah saat bekerjasama dengan temannya (mengomunikasikan).
20. Siswa meminta
maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi
kemajemukan saat bekerjasama dengan temannya (mencoba).
21. Siswa bertanya
jawab menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman (menanya).
22. Siswa
mengamati kumpulan buku lagu dan memperhatikan bilangan yang menunjukkan
banyak buku (mengamati)
23. Siswa
memperhatikan pola bilangan pada bilangan bilangan halaman buku lagu
(mengamati).
24. Siswa membuat
pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100 dengan melengkapi barisan bilangan dengan pola +10 (menalar)
25. Siswa
memperhatikan bilangan pada gambar kubus satuan (mengamati).
26. Siswa
mengurutkan bilangan sampai 500 (menalar).
27. Guru
membimbing siswa untuk mengerjakan latihan dengan teliti.
28. Siswa
mengerjakan soal latihan tentang mengurutkan benda dari yang terbesar sampai
terkecil
|
155 menit
|
Penutup
|
29. Siswa bertanya jawab tentang materi yang
belum dipahami (menanya dan menalar).
30. Guru
memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
31. Siswa
diarahkan menyimpulkan pelajaran (mengomunikasikan).
32. Guru
menyampaikan pesan moral.
33. Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin teman-temannya berdoa.
34. Guru
mengamati sikap siswa dalam berdoa. Apabila ada siswa yang kurang benar dan
sempurna dalam berdoa, setelah selesai berdoa diberi nasehat agar sikap
doanya lebih baik.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
I.
Teknik
penilaian
a. Penilaian
Sikap : Percaya diri, teliti, santun.
b. Penilaian
Pengetahuan : Mengurutkan bilangan sampai 500, membuat pola deret bilangan sederhana
dari yang terkecil hingga terbesar.
c. Penilaian
keterampilan : Membuat syair lagu tentang cita-cita, menyanyi
lagu tentang cita-cita, membuat pola deret bilangan sederhana dari yang
terkecil hingga terbesar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar