RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN .........
Kelas/ Semester : II
/1
(Satu)
Tema/ Subtema/ PB : Hidup
Rukun/ Hidup rukun dengan teman bermain/4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5x 35 Menit)
Waktu
Pelaksanaan : 18 Agustus 2014
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
3.3.9 Mengidentifikasi keberagaman teman
bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
4.3.8 Menerima
keberagaman teman bermain di sekitar rumah
SBDP
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola
irama rata dengan alat musik ritmis.
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama
tiga pada alat musik ritmis.
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama
yang bervariasi.
4.5.1 Menyanyikan
lagu anak-anak dengan pola irama
yang bervariasi.
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.10
Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan
teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.9 Menemukan makna hidup rukun dalam
kegiatan pemungutan suara untuk memilih pendapat
terbanyak.
C.
Tujuan
Pembelajaran.
1.
Setelah
memilih judul lagu dari daftar yang disediakan, siswa dapat menyanyikan lagu
anak-anak dengan percaya diri di depan
teman-temannya
2. Setelah menyanyikan lagu yang
dipilih, siswa dapat menunjukkan pola
irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
3. Setelah melakukan
diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan
teman dengan bahasa yang santun.
4. Setelah melakukan
tanya jawab, siswa dapat menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara
untuk memilih pendapat terbanyak dengan teliti.
5. Setelah membaca isi laporan,
siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah
berdasarkan kegemaran dengan teliti.
6. Setelah menjawab pertanyaan,
siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya
diri.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Lagu kegemaran
2. Pola irama lagu
Pola irama yaitu panjang pendeknya
bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan
merupakan bunyi yang teratur yang dapat diibaratkan seperti bunyi detak jarum
jam.
3. Perbedaan dalam berpendapat
E.
Metode
Pembelajaran
1. Metode
: diskusi, tanya jawab, penugasan
2. Pendekatan
: saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: Kertas suara
2. Alat : -
3. Sumber
belajar :
Taufina,
dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II
Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa
berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2. Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab lagu
kegemaran siswa.
3. Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
|
10
Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
mengamati berbagai judul lagu yang akan dinyanyikan dengan teliti
(mengamati).
2. Bertanya
jawab tentang judul lagu yang terdapat dalam tabel (menanya).
3. Siswa
memilih judul lagu yang terdapat dalam tabel melalui suara terbanyak
(menalar).
4. Siswa
membuat syair lagu pilihan terbanyak dengan tulisan tegak bersambung
(mengomunikasikan).
5. Siswa
menyanyikan lagu pilihannya dengan gerakan tepuk tangan (mencoba).
6. Siswa
mengamati gambar kegiatan menari secara berpasangan (mengamati).
7. Siswa
secara berpasangan menari dengan gerakan yang menarik ketika menyanyikan lagu
pilihan (mencoba).
8. Bertanya
jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan tarian secara berpasangan.
9. Siswa
menanggapi berbagai pernyataan teman yang disampaikan secara lisan
(mengomunikasikan).
10. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi yang terdiri atas 3 sampai 5 orang
siswa.
11. Siswa
menjawab pertanyaan pada bukunya secara berkelompok (menalar dan
mengomunikasikan).
12. Guru
perlu memberikan tata cara berdiskusi dengan bahasa yang santun.
13. Guru
membimbing siswa memperoleh simpulan hasil diskusi dengan cara membantu siswa
dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan.
14. Guru
mengarahkan siswa menjelaskan makna hidup rukun dengan bahasa yang santun
(mengomunikasikan).
15. Guru
selanjutnya mengarahkan siswa menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan
suara (menalar).
16. Siswa
membuat kesimpulan hasil diskusinya (mengomunikasikan).
17. Siswa
membuat laporan hasil diskusi dengan petunjuk dan format yang dibimbing guru
(mengomunikasikan).
18. Siswa
melengkapi teks bacaan rumpang secara mendiri (mencoba).
19. Setelah
melengkapi teks bacaan, siswa membaca teks dengan bahasa yang santun.
20. Siswa
diarahkan menemukan makna yang terkandung berdasarkan teks yang dibaca
(menalar).
21. Siswa
diarahkan menerima keberagaman teman berdasarkan makna dari teks yang dibaca
22. Bertanya
jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
23. Siswa
menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
|
155 Menit
|
Penutup
|
1. Siswa
bersama guru membuat kesimpulan tentang perbedaan pendapat dan pola irama lagu
2. Siswa
bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3. Siswa
memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
10
Menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya
sekitar.
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes tertulis
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a. penilaian sikap
(terlampir)
b. penilaian pengetahuan
(terlampir)
c. penilaian keterampilan
(terlampir)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar