Kamis, 28 Agustus 2014

RPP kelas 2 tema hidup rukun sub 2 PB 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SDN .........
Kelas/ Semester           : II /1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB    : Hidup Rukun/ Hidup rukun dengan teman bermain/4
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5x 35 Menit)
Waktu Pelaksanaan     : 18 Agustus 2014

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
3.3.9 Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah  berdasarkan kegemaran.
4.3  Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3.8 Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah

SBDP
3.2  Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
3.2.2  Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.5  Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
4.5.1  Menyanyikan  lagu anak-anak  dengan pola irama yang bervariasi.

Bahasa Indonesia
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.9 Menemukan makna hidup rukun dalam kegiatan pemungutan suara untuk  memilih pendapat terbanyak.

C.    Tujuan Pembelajaran.
1.      Setelah memilih judul lagu dari daftar yang disediakan, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan percaya diri di depan teman-temannya
2.      Setelah menyanyikan lagu yang dipilih, siswa dapat  menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
3.      Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
4.      Setelah melakukan tanya jawab, siswa dapat menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak dengan teliti.
5.      Setelah membaca isi laporan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
6.      Setelah menjawab pertanyaan, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Lagu kegemaran


2.      Pola irama lagu
Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang dapat diibaratkan seperti bunyi detak jarum jam.
3.      Perbedaan dalam berpendapat

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode :  diskusi, tanya jawab, penugasan
2.      Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media              : Kertas suara
2.      Alat                 :  -
3.      Sumber belajar            :
Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema IHidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.      Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab lagu kegemaran siswa.
3.      Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati berbagai judul lagu yang akan dinyanyikan dengan teliti (mengamati).
2.      Bertanya jawab tentang judul lagu yang terdapat dalam tabel (menanya).
3.      Siswa memilih judul lagu yang terdapat dalam tabel melalui suara terbanyak (menalar).
4.      Siswa membuat syair lagu pilihan terbanyak dengan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
5.      Siswa menyanyikan lagu pilihannya dengan gerakan tepuk tangan (mencoba).
6.      Siswa mengamati gambar kegiatan menari secara berpasangan (mengamati).
7.      Siswa secara berpasangan menari dengan gerakan yang menarik ketika menyanyikan lagu pilihan (mencoba).
8.      Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan tarian secara berpasangan.
9.      Siswa menanggapi berbagai pernyataan teman yang disampaikan secara lisan (mengomunikasikan).
10.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi yang terdiri atas 3 sampai 5 orang siswa.
11.  Siswa menjawab pertanyaan pada bukunya secara berkelompok (menalar dan mengomunikasikan).
12.  Guru perlu memberikan tata cara berdiskusi dengan bahasa yang santun.
13.  Guru membimbing siswa memperoleh simpulan hasil diskusi dengan cara membantu siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan.
14.  Guru mengarahkan siswa menjelaskan makna hidup rukun dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
15.  Guru selanjutnya mengarahkan siswa menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara (menalar).
16.  Siswa membuat kesimpulan hasil diskusinya (mengomunikasikan).
17.  Siswa membuat laporan hasil diskusi dengan petunjuk dan format yang dibimbing guru (mengomunikasikan).
18.  Siswa melengkapi teks bacaan rumpang secara mendiri (mencoba).
19.  Setelah melengkapi teks bacaan, siswa membaca teks dengan bahasa yang santun.
20.  Siswa diarahkan menemukan makna yang terkandung berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
21.  Siswa diarahkan menerima keberagaman teman berdasarkan makna dari teks yang dibaca
22.  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
23.  Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
155 Menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perbedaan pendapat dan pola irama lagu
2.      Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.      Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 Menit


H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.      Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a. penilaian sikap (terlampir)
b. penilaian pengetahuan (terlampir)
c. penilaian keterampilan (terlampir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar