Selasa, 16 September 2014

RPP IPS Memelihara Sumber daya alam dan buatan



A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

B.     Kompetensi Dasar
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

C.    Indikator
1.2.1        Menjelaskan cara memelihara/merawat lingkungan alam.
1.2.2        Menyebutkan cara-cara merawat/memelihara lingkungan buatan.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan cara memelihara/merawat lingkungan alam.
2.       Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara-cara merawat/memelihara lingkungan buatan.

E.     Materi Pembelajaran
Cara Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan
1.      Cara Memelihara Lingkungan Alam
-          Menjaga kelestarian air
-          Menjaga kelestarian udara
-          Menjaga kesuburan tanah

2.      Cara Memelihara Lingkungan Buatan
-          Menjaga Ketertiban Lingkungan
-          Menjaga Kebersihan Lingkungan
-          Menjaga Kebersihan Akuarium

F.     Metode Pembelajaran
1.      Penugasan
2.      Tanya Jawab
3.      Ceramah
4.      Diskusi

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam.
2.      Guru memberi semangat dengan tepuk semangat
3.      Guru bertanya tentang materi IPS yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.        Guru memancing siswa mengenai lingkungan alam dan buatan.
2.        Guru memberi penjelasan tentang cara menjaga lingkungan alam dan buatan.
3.        Guru memberi contoh beberapa gambar lingkungan yang dijaga dan tidak
50 menit
Elaborasi:
1.      Guru membagikan lembar diskusi kepada siswa
2.      Guru menyusuh siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku.
3.      Setelah selesai, siswa diminta maju ke depan untuk membacakan hasil diskusinya secara bergantian.
Konfirmasi:
1.      Guru memberikan kesempatan kepada  siswa untuk tanya jawab  menanyakan hal yang belum dipahami dan kemudian menjelaskannya kembali.
Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan dan melakukan refleksi.
2.      Melakukan evaluasi
3.      Guru menutup pelajaran dengan salam.
10 menit


H.    Media dan Sumber Belajar
Media                   :  Gambar Lingkungan Alam dan Buatan
Sumber Belajar      : 
1.      Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI Kelas III / Sunarso,   Anis  Kusuma -- Jakarta : Pusat Perbukuan,  Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
2.      Ilmu Pengetahuan Sosial : untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas III / penulis, Wida Widianti, Ratih Hurriyati. —  Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

I.       Penilaian
1.      Jenis Penilaian
a.       Penialaian proses               : unjuk kerja
b.      Penilaian hasil belajar        : tes tertulis




2.      Instrumen penilaian
a.       Penilaian Unjuk Kerja (terlampir)
b.      Tes Tertulis (terlampir)

3 komentar: