A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah
C. Indikator
1.2.1
Menjelaskan
cara memelihara/merawat lingkungan alam.
1.2.2
Menyebutkan
cara-cara merawat/memelihara lingkungan buatan.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan cara memelihara/merawat lingkungan alam.
2.
Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara-cara merawat/memelihara lingkungan
buatan.
E. Materi Pembelajaran
Cara Memelihara Lingkungan
Alam dan Buatan
1.
Cara Memelihara Lingkungan
Alam
-
Menjaga kelestarian air
-
Menjaga kelestarian udara
-
Menjaga kesuburan tanah
2.
Cara Memelihara Lingkungan Buatan
-
Menjaga Ketertiban Lingkungan
-
Menjaga Kebersihan Lingkungan
-
Menjaga Kebersihan Akuarium
F. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Tanya
Jawab
3. Ceramah
4. Diskusi
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam.
2.
Guru memberi semangat dengan
tepuk semangat
3.
Guru bertanya tentang materi
IPS yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi:
1.
Guru memancing
siswa mengenai lingkungan alam dan buatan.
2.
Guru
memberi penjelasan tentang cara menjaga lingkungan alam dan buatan.
3.
Guru
memberi contoh beberapa gambar lingkungan yang dijaga dan tidak
|
50 menit
|
Elaborasi:
1.
Guru membagikan
lembar diskusi kepada siswa
2.
Guru menyusuh
siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku.
3.
Setelah selesai,
siswa diminta maju ke depan untuk membacakan hasil diskusinya secara
bergantian.
|
||
Konfirmasi:
1.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa
untuk tanya jawab menanyakan hal yang
belum dipahami dan kemudian menjelaskannya kembali.
|
||
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa membuat
kesimpulan dan melakukan refleksi.
2.
Melakukan evaluasi
3.
Guru menutup pelajaran dengan
salam.
|
10 menit
|
H.
Media
dan Sumber Belajar
Media : Gambar
Lingkungan Alam dan Buatan
Sumber Belajar :
1. Ilmu
Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI Kelas III / Sunarso, Anis
Kusuma -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
2. Ilmu Pengetahuan Sosial
: untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas III / penulis,
Wida Widianti, Ratih Hurriyati. —
Jakarta : Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
I.
Penilaian
1. Jenis
Penilaian
a. Penialaian proses : unjuk kerja
b.
Penilaian hasil
belajar : tes tertulis
2. Instrumen
penilaian
a. Penilaian
Unjuk Kerja (terlampir)
b. Tes Tertulis (terlampir)
lampirannya ada bu?
BalasHapusbuuu dimana ya lampirannya? ping!
BalasHapusijin copas, trimakasih..
BalasHapus