Kamis, 09 Februari 2012

13 cara untuk menaikkan IPK kamu !!!

Memperoleh banyak nilai “A” tidak  selalu menjamin sukses dikemudian hari, tapi juga tidak ada ruginya untuk dicapai. IPK yang tinggi akan membuat anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang, sekolah lebih lanjut, atau memperoleh pekerjaan tertentu dalam karir anda. Jika kamu sudah menghabiskan jutaan rupiah untuk kuliah anda, sebaiknya kamu memanfaatkannya sebaik mungkin bukan? Kunci keberhasilan dalam akademi adalah disiplin dan efisien dalam kebiasaan belajar. 7 Strategi dibawah ini akan membantu anda meningkatkan IPK anda sekaligus meminimalkan stres dan memaksimalkan waktu belajar anda.

1. Masuklah kedalam kelas – . Hal tersebut akan membuat anda sangat tergoda untuk meninggalkan kelas, anda akan terpancing untuk meng-kopi bahan yang akan diajarkan dan berusaha belajar sendiri. Walaupun anda memiliki pembelaan terhadap hal yang satu ini, suatu saat anda akan menghadapi masalah, yaitu: Penjelasan verbal yang mendetail yang menjadi kunci untuk mengerti materi kuliah.-?
2. Duduklah di baris terdepan – Duduk di baris terdepan tidak hanya meberikan anda rasa percaya diri, tapi juga akan mebuat anda terhubung dengan si pengajar. Anda akan terlihat sebagai siswa teladan dan mendapat perhatian dari pengajar. Anda juga akan lebih mudah mempertahankan fokus dan merasakan diri sebagai partisipan bukan hanya pendengar yang pasif.
3. Buatlah catatan kaki – Efek negatif dari Era PowerPoint adalah membuat mahasiswa menjadi malas mencatat. Membuat catatan kaki akan meningkatkan nilai anda, karena anda akan memperhatikan lebih banyak, dan kegiatan menulis akan membuat ingatan anda akan materi menjadi lebih baik. Catatan kaki anda akan menjadi referensi yang akan memjembatani anda antara konsep tertulis dan penjelasan verbal si pengajar. Ini adalah kunci sebuah pembelajaran yang efisien.
4. Lakukan review setiap minggu – Maslah yang paling sering dialami oleh siswa adalah mencoba menelan semua materi sepanjang semester dalam satu malam.
5. Temukan orang pintar untuk anda ajak kerjasama – Dalam mata kuliah yang membutuhkan kerjasama kelompok, hal ini menjadi sangat penting.
6. Kenali cara belajar kita Sebenarnya, ada 3 cara manusia untuk belajar dan menangkap ilmu. Yang pertama adalah orang yang bisa belajar secara visual. Ciri orang tersebut adalah memiliki catatan yang banyak dan lengkap serta berwarna-warni, catatan tersusun dengan rapi dan sistematis, serta akan terus memperhatikan ke papan tulis dan mencatat setiap omongan dosen dan yang tertulis di papan tulis. Yang kedua adalah orang yang bisa belajar dengan audio. Ciri orang tersebut adalah memiliki pendengaran yang tajam, mampu mengingat setiap perkataan dosen tanpa mencatatnya, jika menghafal akan mengeluarkan banyak suara dan suka mendengarkan orang dan didengarkan saat sedang belajar. Dan yang ketiga adalah dengan kinestetis. Orang kinestetis cenderung tidak bisa diam saat belajar dan sering di cap jelek oleh guru karena biasanya orang kinestetis akan cenderung rusuh saat berada di kelas. Cirinya adalah mondar-mandir saat belajar, gak bisa duduk tenang di kursi saat di kelas, dan cenderung memiliki keakifan luar biasa. Biasanya, anak kinestetis suka sekali bertanya saat di kelas dan suka menghitung dan menjawab soal sebelum disuruh oleh dosen/gurunya.
7. Sukai dosen kita terlebih dahulu .Kita boleh menyuarakan pendapat kita, dan dosen itu pasti mengerti. Karena dosen sangat mempengaruhi kesukaan dan minat kita terhadap mata kuliah itu.
8. Usahakan fokus di kelas Setelah mengetahui cara belajar kita, hal yang harus kita lakukan adalah fokus saat berada di kelas. Dengarkan dosen berbicara, karena 80% ilmu itu akan terserap oleh kita saat kita fokus berada di kelas. Yang visual, bisa nyatet.. yang audio, cukup mendengarkan.. yang kinestetis, bisa aktif bertanya..
9. Ulangi pelajaran tersebut saat sampai rumah. Cukup dibaca aja.. 5-10 menit juga cukup koo.. hanya untuk me.review Mata Kuliah yang sudah kita dapatkan
10. Mengerjakan tugas dengan tepat waktu. Mengerjakan tugas-tugas itu yang bisa mempengaruhi nilai kita.
11. Berusaha dekat sama dosen Bukan .Maksudnya adalah, aktif saat berada di kelas, sehingga dosen bisa mengenali kalian dan segala macam yang ada dalam diri kalian.
12. Membaca bab selanjutnya sebelum dipelajari.
13. Jangan paksa untuk belajar saat kalian lagi jenuh Mending jalan-jalan dulu, ketawa-ketawa dulu. Setelah jenuhnya hilang, baru dehh belajar lagi,tapi, jangan jenuh mulu, ntar keburu malez.

*) dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. Betul mbak dosennya harus disukai meski dosen tersebut tidak ganteng atau cantik. Kalau kita tidak menyukainya maka dapat dipastikan respeck and respons kita kepadanya akan rendah yang akan berakibat pada nilai kita untuk mata kuliah dosen tersebut...... salam kenal bloggers

    BalasHapus