Kamis, 28 Agustus 2014

RPP kelas 2 tema 1 subtema 3 PB 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      :  SD Negeri...........
Kelas/Semester            :  II/1
Tema                            :  Hidup Rukun
Sub Tema                    :  Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran               :  6 ( Enam)
Waktu                          :  1 Hari (5x35 menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan IndikatorB
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.5.12   Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.

Matematika
3.1   Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan)
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.6 Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.2 Membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.8 Menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka.
4.3.4 Menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah.

SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmik.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna
Indikator
4.7.1   Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna






C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjodohkan gambar wajah anak dengan cita-citanya dengan teliti.
2.      Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya diri.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Bintang Kejora dengan penuh percaya diri.
4.      Dengan menyanyikan lagu Bintang Kejora, siswa dapat menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik dengan percaya diri
5.      Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
6.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.
7.      Dengan bekerjasama dengan teman sebangku, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak dengan teliti.
8.      Dengan bekerja sama membandingkan dua kumpulan benda, siswa dapat menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah dengan santun dan percaya diri.
9.      Dengan bekerjasama, siswa dapat menerapkan permintaan maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan dengan percaya diri, teliti dan santun.
10.  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun.
11.  Dengan melengkapi barisan bilangan, siswa dapat membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100 dengan teliti.
12.  Dengan media gambar kubus satuan, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dengan teliti.
13.  Dengan penugasan guru, siswa dapat mengurutkan benda dari yang terbesar sampai terkecil dengan teliti.





D.    Materi Ajar
Bahasa indonesia
ü  Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
ü  Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.
ü  Menulis syair lagu
Matematika
ü  Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.
ü  Mengurutkan bilangan sampai 500.
ü  Membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
PPKn
Keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita
SBdP
ü  Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna
ü  Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode         : Penugasan, tanya jawab, diskusi, ceramah dan demonstrasi
Pendekatan   : Scientifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).

F.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media         : Gambar menjodohkan wajah anak dengan cita-citanya, Syair lagu "Bintang Kejora", Gambar kumpulan benda, Gambar kubus satuan.
Alat                        : -
Sumber       : Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema IHidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam.
2.      Guru menanyakan kabar siswa.
3.      Mengajak semua siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
4.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
5.      Menginformasikan subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang  “hidup rukun di sekolah”.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit
Inti
7.      Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar wajah anak dan cita-cita dengan teliti.
8.      Siswa mengamati gambar wajah anak dan cita-cita (mengamati).
9.      Siswa menjodohkan gambar wajah anak dengan cita-citanya (mencoba).
10.  Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya diri (menanya).
11.  Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu Bintang Kejora denga santun.
12.  Siswa menyanyikan lagu Bintang Kejora (mencoba).
13.  Guru membimbing siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
14.  Siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna (menalar).
15.  Siswa menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna (mencoba).
16.  Guru membimbing siswa untuk membandingkan banyak benda dengan teliti.
17.  Siswa meghitung banyak huruf pada syair lagunya (mencoba).
18.  Siswa bekerjasama dengan teman sebangku membandingkan jumlah huruf syair lagu yang dibuatnya dengan yang dibuat temannya (mencoba).
19.  Siswa menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah saat bekerjasama dengan temannya (mengomunikasikan).
20.  Siswa meminta maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan saat bekerjasama dengan temannya (mencoba).
21.  Siswa bertanya jawab menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman (menanya).
22.  Siswa mengamati kumpulan buku lagu dan memperhatikan bilangan yang menunjukkan banyak buku (mengamati)
23.  Siswa memperhatikan pola bilangan pada bilangan bilangan halaman buku lagu (mengamati).
24.  Siswa membuat pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100 dengan melengkapi barisan bilangan dengan pola +10 (menalar)
25.  Siswa memperhatikan bilangan pada gambar kubus satuan (mengamati).
26.  Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 (menalar).
27.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan latihan dengan teliti.
28.  Siswa mengerjakan soal latihan tentang mengurutkan benda dari yang terbesar sampai terkecil
155 menit













































Penutup
29.  Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami (menanya dan menalar).
30.  Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
31.  Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran (mengomunikasikan).
32.  Guru menyampaikan pesan moral.
33.  Guru meminta ketua kelas untuk memimpin teman-temannya berdoa.
34.  Guru mengamati sikap siswa dalam berdoa. Apabila ada siswa yang kurang benar dan sempurna dalam berdoa, setelah selesai berdoa diberi nasehat agar sikap doanya lebih baik.

10 menit

H.    Penilaian
I.          Teknik penilaian
a.       Penilaian Sikap                  :   Percaya diri, teliti, santun.
b.      Penilaian Pengetahuan      :  Mengurutkan bilangan sampai 500, membuat pola deret bilangan sederhana dari yang terkecil hingga terbesar.
c.       Penilaian keterampilan      : Membuat syair lagu tentang cita-cita, menyanyi lagu tentang cita-cita, membuat pola deret bilangan sederhana dari yang terkecil hingga terbesar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar