Senin, 12 Februari 2018

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 revisi 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                      :  SD Negeri Pekanbaru
Kelas /Semester         :  I/1 (satu)
Tema 1 /Subtema 2   :  1. Diriku/ Tubuhku
Pembelajaran            :  1
Alokasi Waktu          :  5 X 35 menit (1 x Pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
·  Menyebutkan minimal 10 nama anggota tubuh dengan tepat.
·  Membaca minimal 10 nama anggota tubuh dengan tepat.
·  Menentukan kartu kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh yang ditentukan.
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
·   Menggunakan kosakata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan, dengan bantuan bahasa daerah.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian

PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·   Menjelaskan aturan makan (sebelum, saat, dan sesudah)
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·   Menunjukkan sikap mengikuti aturan makan di rumah (sebelum, saat, dan sesudah).

C.  Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
2.    Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat membaca nama bagian-bagian tubuh dengan tepat.
3.    Dengan permainan memilih kartu kata, siswa dapat menentukan kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh yang ditentukan.
4.    Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan aturan sebelum, saat , dan sesudah makan di rumah dengan tepat.
5.    Melalui simulasi/bermain peran/presentasi sederhana, siswa menunjukkan sikap mengikuti aturan saat makan dengan tepat.
6.    Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh dengan tepat.


D.  Materi Pembelajaran
1.    Kosakata tentang anggota tubuh
2.    Aturan makan
3.    Gerak anggota tubuh dalam tari

E.  Metode Pembelajaran
Eksplorasi, diskusi, dan tanya jawab.

F.   Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
1.    Guru memberi salam, menyapa siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
2.    Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat). Berdoa dapat dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk (Selama berdoa guru mengamati dengan seksama sikap siswa saat berdoa).
3.    Siswa satu demi satu menyampaikan komitmen tentang sikap yang ingin mereka tunjukkan hari ini. (Ini adalah salah satu upaya pembiasaan untuk penguatan karakter). Bisa diawali oleh guru misalnya komitmen guru hari ini ingin menunjukkan perilaku tepat waktu.
4.    Siswa diajak meneriakkan yel-yel penyemangat (guru silahkan berkreasi menciptakan yel-yel penyemangat).
5.    Siswa menyimak guru membacakan  syair lagu “Dua Mata Saya” dengan intonasi dan ekspresi yang menarik (sebelumnya guru sudah menempelkan syair lagu yang akan dibacakan di papan tulis, diupayakan berukuran besar).
6.    Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan tentang isi teks lagu (jika siswa kurang merespon, maka guru berusaha memancing pertanyaan dari siswa), misalnya:
-       Apa isi syair lagu tersebut?
-       Kosa kata apa saja yang mereka peroleh dari syair lagu tersebut?
7.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang judul lagu, pengarang, dan hal-hal lain yang menarik yang dapat dicermati dari lagu tersebut, untuk membiasakan siswa mengapresiasi karya orang lain.
8.    Siswa diminta memperkirakan apa yang akan mereka pelajari terkait dengan syair yang baru didengarkan. Guru merespon pendapat siswa sambil mengarahkan agar siswa mengetahui tujuan pembelajaran yang akan dicapai termasuk sikap yang akan dinilai selama proses pembelajaran.

Kegiatan Inti (145 menit)
1.      Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” bersama-sama.
2.      Setelah bernyanyi, siswa diminta mengamati gambar anggota tubuh yang dipajang guru di papan tulis (gambar tersebut belum dilengkapi dengan nama-nama anggota tubuh).
3.      Salah satu siswa diminta menunjukkan bagian-bagian tubuh yang ada dalam teks lagu “Dua Mata Saya”. Guru meminta siswa menunjukkan  kata pada syair lagu tersebut yang merupakan nama anggota tubuh.
4.      Siswa diarahkan untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh dengan menyebutkan nama anggota tubuh yang ditunjuk oleh guru.
5.      Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan menanyakan huruf yang ada pada kartu nama tersebut. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyebutkan huruf dan membaca katanya.
6.      Siswa menempelkan kartu nama tersebut pada bagian tubuh yang dimaksud/ditunjuk.
7.      Siswa diperlihatkan kartu lain, hingga semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.

8.      Siswa dan guru mengecek bersama, dengan menunjuk salah satu bagian dan membacakan kartu nama anggota tubuh yang tertempel. Jika ada yang kurang tepat, siswa lain membetulkan.
9.      Setelah semua kartu nama anggota tubuh terpasang, guru memandu siswa membaca semua nama anggota tubuh tersebut bersama-sama.
10.  Siswa diberikan tantangan untuk membaca nama-nama anggota tubuh yang ditunjuk guru secara mandiri (guru mengamati sikap percaya diri siswa).

11.  Siswa menjawab pertanyaan guru, bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap sehat?. (Guru mengarahkan pertanyaannya agar salah satu jawabannya adalah ‘makan’).
12.  Siswa menyimak penjelasan guru bahwa makan harus dilakukan dengan aturan-aturan tertentu. Guru bertanya apakah siswa memiliki aturan makan di rumah masing-masing?. Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, misalnya:
-     apakah tadi pagi sudah makan?;
-     sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan?;
-     jika makan di mana?, di meja makan atau boleh di mana saja?;
-     saat makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri?;
-     bagaimana sikap saat makan?;
-     bagaimana sikap jika sudah selesai makan?.
13.  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa membentuk pasangan untuk bertukar informasi.
14.  Siswa saling menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan makan di rumah, baik sebelum, saat makan, dan sesudahnya (selama siswa berdiskusi guru mengamati sikap kerja sama siswa).
15.  Siswa diminta menunjukkan/mempresentasikan hasil tanya jawab tentang sikap saat makan di rumah (guru mengamati sikap percaya diri siswa).
16.  Siswa mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa sebelum, saat, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa

17.  Siswa menyimak rangkuman guru atas semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan makan di rumah. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
-       Mencuci tangan sebelum makan.
-       Berdoa sebelum makan.
-       Duduk saat sedang makan.
-       Tidak berbicara ketika sedang mengunyah makanan.
-       Tidak mengambil makanan berlebihan.
-       Berdoa setelah makan.
-       Merapikan bekas makan sendiri.
18.  Siswa menyimak penguatan guru untuk mengikuti aturan saat makan.
19.  Siswa difasilitasi untuk berdiskusi tentang cara menjaga kesehatan tubuh. Guru mengarahkan diskusi akan pentingnya menggerakkan tubuh secara teratur. Ada beberapa cara menggerakkan tubuh seperti berlari, bersepeda, senam, juga dengan menari.  Menari juga menyehatkan tubuh, karena menari melancarkan peredaran darah dan membuat hati gembira.
20.  Siswa diajak bersenang-senang dengan menggerakkan anggota tubuh sambil bernyanyi dan mengingat kembali nama-nama anggota tubuh (lihat buku siswa halaman 41)
.

21.  Guru memberikan contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-       Sikap berdiri, pandangan ke depan.
-       Kedua tangan di pinggang.
-       Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk.
-       Gerak kepala tengok kanan dan kiri.
22.  Awalnya seluruh siswa melakukan gerakan dengan arahan guru. Lalu bergantian perkelompok siswa mengulangi gerakan tariannya di depan teman-temannya (saat siswa menari guru mengamati sikap siswa baik percaya diri, kerja sama, maupun kedisiplinan).
23.  Setelah menari, guru menanyakan perasaan siswa. Guru juga mengingatkan kembali pentingnya menggerakkan tubuh bagi kesehatan.
Sebagai akhir dari kegiatan siswa mengerjakan lembar kerja di buku siswa halaman 42 dan 43.

Penutup (15 menit)
1.    Siswa menyimak ulasan guru tentang kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja dilakukan dengan menjawab pertanyaan:
-       Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
-       Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
-       Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
-       Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah      
       belajar?
-       Apakah kamu merasa telah berhasil menunjukkan sikap yang tadi pagi ingin kamu tunjukkan?
2.    Siswa menyimak penguatan dan kesimpulan pembelajaran hari ini yang disampaikan guru.
3.    Siswa bersama guru merayakan keberhasilan pembelajaran dengan mengumandangkan yel-yel penyemangat.
4.    Sebagai penutup guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap berdoa yang baik.
5.    Selesai berdo’a, siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua

G. Penilaian
1.    Sikap:

2.    Pengetahuan: Lembar latihan pada buku siswa halaman 42-43

3.    Keterampilan:
a.    Bahasa Indonesia: Menggunakan Kosakata Anggota Tubuh dalam Teks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar