Sabtu, 06 November 2010

Tips Belajar Konsentrasi


Coba jawab pertanyaan ini, “Berapa jam kamu menghabiskan waktumu untuk belajar dalam sehari?” Hayo… lama mana dengan waktu ngelayap kamu?
Yap, belajar itu yang penting kualitas bukan kuantitas. Benar tidak?
Walaupun belajar semalaman tapi kalau nggak konsentrasi, pasti hasilnya nggak memuaskan. Setuju...?
Belajar itu yang penting konsentrasi. Dalam bahasa psikologi, konsentrasi ini dikatakan ”flow”. Flow itu artinya keadaan ketika seseorang sepenuhnya terserap kedalam apa yang dikerjakannya, perhatiannya hanya terfokus pada pekerjaan itu, kesadaran menyatu dengan tindakan. Jika sedang berada dalam kondisi flow ini, kamu pasti asyik banget.
Nah, untuk merencanakan terjadinya flow, yang pertama kamu sebaiknya mempunyai ruang belajar sendiri agar tak mudah mendapat gangguan. Kedua, buatlah suasana ruangan yang dapat membuat kamu mampu berkonsentrasi denga mudah dan melakukan banyak pekerjaan tanpa menjadi stress. Ketiga, perhatikan pencahayaannya. Tntunya ruang belajarmu harus mendapat pencahayaan yang cukup agar tidak merusak mata dan mudah ngantuk. Dan yang keempat, lebih baik diiringi musik. Musik sangat mempengaruhi kondisi fisiologis kamu lho. Selama melakukan pekerjaan mental tang berat, tekanan darah dan denyut jantungmu cenderung meningkat dan otot-otot kamu menjadi tegang. Nah, disinilah peranan musik.Relaksasi yang diiringi musik membuat pikiran selalu siap dan mampu berkonsentrasi. Musik yang dianjurkan dalam hal ini adalah musik barok seperti Bach, Handel, Pachebel, dan Vivaldi. Para komposer ini menggunakan ketukan yang sangat khas dan pola-pola yang secara otomatis menyinkronkan tubuh dan pikiran kita.
Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Awali dengan hal terkecil oleh diri sendiri pada saat ini. Insyaallah hasilnya akan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar