Sabtu, 17 Mei 2014

Contoh skenario model pembelajaran Webbed

Model pembelajaran    : Webbed (Jaring Laba-laba)
Kelas/semester            : IV / I
Tema                           : Gemar bernyanyi dan Menari
Mata pelajaran             :
1.      Bahasa Indonesia :      Membaca teks lagu yang dipelajari dengan lancar
Menyajikan informasi dalam bentuk tabel
2.      Matematika          :      Menuliskan hasil wawancara dalam bentuk diagram/
grafik gambar (pitograf)
3.      PPkn                     :      Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik
individu  di rumah dan sekolah
4.      SBK                     :      Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi
lagu


Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan Pendahuluan :
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepada siswa, siapa di antara mereka yang suka bernyanyi

Kegiatan inti :
1.      Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi, ada juga yang pandai dalam hal yang lain.
2.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan bernyanyi.
3.      Siswa menyanyikan lagu “Lihat Kebunku” bersama-sama dengan bimbingan guru berdasarkan teks yang ada di buku. (Bahasa Indonesia)
4.      Kemudian, siswa diminta menyanyikannya bergantian secara berpasangan di depan kelas.
5.      Setelah itu giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang lagu anak-anak kesukaan teman-temannya (PPkn)
6.      Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan  survei.
7.      Selanjutnya siswa melakukan survei untuk lagu-lagu yang lain.
8.      Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum “sebanyak siswa yang memilih suatu lagu.
9.      Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa
10.  Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati hasil pekerjaannya.
11.  Guru bertanya,”Apa lagu yang paling banyak disukai siswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?”, “Buat urutan dari lagu yang paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu yang paling sedikit disukai siswa!”
12.  Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti  itu disebut dengan piktograf atau grafik gambar. (Matematika)
13.  Siswa bersama guru menyanyikan kembali lagu “Lihat Kebunku”.
14.  Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menyanyikan lagu, kelompok lainnya mendengarkan.
15.  Berikutnya kelompok kedua menyanyikan lagu, kelompok pertama mendengarkan.
16.  Kelompok kedua menyanyikan sekali lagi kelompok pertama mendengarkan dengan telingan ditutup dengan jari.
17.  Guru menanyakan perbedaan suara yang didengar.
18.  Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan suara-suara di sekitar dengan semua siswa diam.
19.  Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan bahwa suara itu ada yang keras, sedang, dan ada yang lembut. (SBK)
20.  Guru meminta siswa untuk membandingkan lagu yang dinyanyikan sendiri dengan yang dinyanyikan bersama-sama (paduan suara).
21.  Siswa juga diminta untuk melakukan percobaan, yaitu mendengarkan teman yang bicara berhadap-hadapan, teman yang berbicara dengan berbisik, dan teman yang sedang memanggil teman lain yang jauh dari dia.
22.  Setelah melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suara di sekitar (Teman berbisik, Teman sedang bercakap-cakap, Memanggil teman dari jauh), kemudian mengelompokkan jenis suaranya.
23.  Dari seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta untuk menuliskan suara yang paling keras dan yang  paling lembut.

Kegiatan Penutup :
1.      Bersama siswa membuat kesimpulan
2.      Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdoa

2 komentar: