Minggu, 03 Juli 2016

Sileri, kawah terluas di Dieng






Kawah Sileri merupakan kawah terluas di kawasan Obyek wisata Dieng dengan luas kawah mencapai 4 ha. Lokasi wisata ini tepatnya berada di desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah yang sudah meletus sebanyak lima kali ini tergolong kawah yang berbahaya karena termasuk masih aktif dengan permukaan air yang terus menerus mengeluarkan asap putih dan selalu menunjukan gejala-gejala Vulkanis. Tapi tidak usah khawatir karena pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan kawah dan sekitarnya melalui gardu atau gazebo yang telah tersedia, sehingga tidak perlu mendekat ke bibir kawah. 


Nama kawah ini berasal dari bahasa Jawa, yaitu Leri atau semacam air bekas cucian beras sebelum dimasak yang berwarna agak keruh. Karena air yang mengalir dari kawah ini mempunyai warna yang serupa dengan air cucian beras tersebut, maka kawah ini disebut kawah Sileri (wikipedia.org).


Turun dari kendaraan, pengunjung akan menikmati kesegaran udara khas pegunungan dan mata dimanjakan dengan view pemandangan hijau nan luas. Jika ingin mendekat ke kawah, pengunjung dapat turun ke bawah melalui jalan setapak dari beton yang membelah hamparan ladang para petani.
 

For your information, untuk memasuki objek wisata ini tidak dikenakan biaya loh, alias GRATIS!
siapa coba yang tidak mau gratisan? Kalau mau foto-foto dengan background uap-uap putih paling cocok pagi hari karena uap belum terlalu tinggi. Post ke sosmed, dijamin bikin penasaran.

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara
Mayuh Plesir Maring Dieng

1 komentar:

  1. Wah kemarin ke Dieng nggak sampai kesini gan :D
    mungkin lain kali dicoba :D Hehehe

    BalasHapus