Selasa, 05 Juli 2016

Mayuh Plesir Maring Selamanik Banjarnegara

Ayo wisata ke Banjarnegara.
Kali ini mau share tentang kebun binatang satu-satunya di Jawa Tengah bagian selatan. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) atau yang sering mendapat sebutan lain Selamanik.  Serulingmas sendiri itu singkatan dari seruan eling banyumas. Tempat wisata yang memiliki luar 5,3 ha ini berada sekitar 1 km ke arah barat dari pusat kota Banjarnegara. Sejak pertama kali dibangun tahun 1997, tempat ini sudah mengalami banyak perubahan, terutama penampilan area pintu masuknya.


Pada sisi kiri jalan menuju pintu masuk, ada sebuah kolam yang di tepinya dibuat lingkaran patung ular jadi seolah itu lingkaran ular yang didalamnya tergenang air. kemudian pada sisi kanan jalan terdapat patung singa besar yang dicat warna hitam. 
  Sebagian besar satwa yang ada di kebun binatang ini merupakan sumbangan dari berbagai pihak yang mencintai alam serta ingin melindungi binatang dari kepunahan.
 Loket tiket masuk berada di sisi kiri gerbang masuk. Harganya sangat terjangkau. Hanya lima ribu rupiah! kalau ada event harga sedikit berbeda, sekitar tujuh ribu sampai sepuluh ribu rupiah. 
Memasuki pintu gerbang masuk, kita akan disuguhi keindahan aneka satwa burung-burung cantik berbagai jenis seperti kakak tua, beo, merak, dan banyak lainnya.

Ketika berjalan ke arah kanan, kita akan mendapati berbagai jenis hewan berbahaya seperti singa, harimau, serta buaya. Tapi tak perlu khawatir karena semuanya berada di kandang yang tak terjangkau pengunjung sehingga tetap terasa aman. Di sebelah barat area binatang buas, ada kompleks kandang binatang melata dan reptil, juga kera dan orang utan. Berjalan lagi ke arah barat, kita akan menjumpai panggung hiburan yang terletak di tengah-tengah kebun binatang. panggung ini menjadi arena seni pertunjukan. Jika sedang musim liburan, biasanya ada dangdutan atau regge. Pada hari-hari tertentu juga digunakan untuk panggung festival pentas siswa SD se-Kabupaten Banjarnegara.


 Di depan panggung ada area tanah cukup luas yang dinaungi pohon rindang yang menjulang tinggi. Tenang saja, di bawah pepohonan telah disiapkan banyak kursi yang dibuat dari semen untuk tempat bersantai para pengunjung yang ingin melepas lelah setelah berjalan-jalan ataupun sekedar ingin menikmati kesejukan udara Banjarnegara.
Kemudian pada sisi selatan area panggung, terdapat pula beberapa kandang binatang yang berisi hewan-hewan besar seperti gajah, unta, dan rusa.
Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, di sini juga telah disediakan arena bermain anak-anak seperti komedi putar dan kora-kora. Adapula penyewaan skuter yang bisa dimainkan di jalan kecil di dalam kebun binatang.
Sudah lelah jalan-jalan dan ingin menyegarkan tubuh? mari berenang...... di Serulingmas bukan hanya kebun binatang loh, tetapi juga ada kolam renangnya. Jika ingin berenang, cukup merogoh kocek 5.000 sudah bisa berenang sepuasnya. Di sini ada tiga kolam renang dengan luas dan kedalaman yang berbeda. Kolam renang ini juga sering digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler sekolah-sekolah maupun untuk latihan perlombaan. 






TRMS ini tepat sekali untuk wisata bersama keluarga karena dengan berbagai koleksi satwanya, pengunjung akan mendapatkan banyak pengetahuan seputar dunia binatang mulai dari marga hingga subspesiesnya karena pada setiap kandang ada nameplatenya masing-masing.


Mari ajak keluarga, kerabat dan kawan-kawan untuk berekreasi ke Kebun binatang Serulingmas. Ayo cintai alam! ayo cintai satwanya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar