Rabu, 07 Agustus 2013

Mendongeng itu sesuatu



Mendongeng. Apa yang kau pikirkan tentang kata tersebut? Membual demi meninabobokan seorang anak? Tidak. Tidak bagiku. Mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh diremehkan. Perlu keterampilan untuk melakukannya.
Kau tahu?
Kalau kau menggeleng, akan kuceritakan sedikit bagaimana caranya mendongeng. Menyiapkan sebuah cerita arif, menguraikan dengan perbendaharaan kalimat yang ada, mencipta suara yang berbeda pada setiap karakternya, juga kelihaian memusatkan perhatian.
Mendongeng tak tak melulu menceritakan pangeran kodok ataupun putri tidur. Mengutarakan kisah yang bernasihat, yang mudah dicerna dan memberi energi positif untuk pendengarnya.
Mengasyikkan bukan? Kita bahkan dapat melihat binar mata wajah-wajah mungil yang ceria. Semua terkesima atas kalimat yang kita keluarkan. Suara ayam berkokok, sirine ambulans, deburan ombak, semua ada ketika mendongeng.

Jangan remehkan mendongeng. Karena menjadi pendongeng yang sesungguhnya, bukan hanya membaca sebuah narasi dengan intonasi datar, diperlukan bekal untuk menyukseskannya. Juga, karena mendongeng merupakan salah satu cara untuk mengajarkan nilai-nilai arif pada anak.
Begitulah aku sekarang, menjadi seorang pendongeng untuk adik-adik kecilku yang manis.
6 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar