Selasa, 31 Desember 2013

Perjalanan 2013

Dari awal tahun, aku udah ngrasain kalau 2013 itu bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dan benar! sepanjang tahun 2013 itu istimewa.
Tak terasa ini udah di penguhujung 2013, rasanya nggak afdhol kalo nggak flashback kejadian sepanjang 2013 ini, hihihi...
Januari
Awal tahun sekaligus sebagai bulan sibuk buatku. Dua minggu pertama, ada UAS semester 3. Yang aku rasain ketuka kuliah itu beda sama sekolah. Dulu waktu sekolah hampir tiap hari belajar, minimal ya ngerjain PR, lha pas kuliah pulang dari kampus kalau nggak main, nonton film, ya tidur. Belajarnya kalau mau UTS sama UAS. parahnya keterlaluan. kerja otaknya jadi menurun

Oke, back to focus. Yihaaaaaaa... untuk pertama kalinya dapat cumlaude. Senang banget rasanya. Nggak peduli sama hasil teman-teman lain, yang penting nilaiku meningkat dan memuaskan :D UAS selesai, artinya libur panjang. Eh, ternyata banyak kegiatan.
Setelah UAS, ada pagelaran tari di gedung Taman Budaya Tegal. Ini juga kali pertama aku nari di depan umum dengan penonton yang lumayan banyak. Beruntung juga bisa menjadi bagian dari panitianya. Dalam kegiatan itu akhrinya punya banyak teman baru. :D
Usai pagelaran 2 hari, ada KMD (Kursus Mahir Dasar), semacam diklat kepramukaan di kampus dan ini berlangsung 8 hari. 3 hari terakhir itu ada kemahnya, seru banget setelah lama nggak ngrasain tidur di tenda :). Ketika kegiatas selesai, selepas bongkar tenda, kebetulan tanggal 27 Januari. this is my special day aku dikasih kejutan guyuran berbotol-botol air sampai basah kuyup sekujur tubuh. Malu banget jadi tontonan anak sekampus. Nggak sampai di situ, malam harinya di kos juga diguyur air lagi sama teman-teman kos. Ya bahagia ya apes juga. Manis dipaginya, bangun tidur udah disodorin kue ulang tahun, terima kasih keluarga kecilku ;).

Istirahat 2 hari usai KMD, ada DIKLATSAR. kegiatan ini dikhususkan buat calon fungsionaris KSR (Korp Suka Rela) kalau di SMA istilahnya PMR. kegiatan ini juga berlangsung satu minggu. Dapat teman baru, ilmu baru tentang kemanusiaan, juga pengalaman jadi relawan. Kegiatan ini berangkatnya jam setengah 7 pagi dan pulangnya sampai maghrib, belum lagi ngerjain tugas-tugasnya. Beberapa kali harus ngerjain tugas kelompok di asrama, dan hampir tengah malam baru selesai. Nggak nyangka ternyata ada temanku yang rela jemput dan nganter pulang ke kos. Dia yang nawarin. Kalau nggak inget dia salah satu teman baikku, mungkin aku jadi berandai dia kekasihku- yap, nyatanya aku memang nyaman punya teman seperti dia, makasih ya buat kamu :D
Februari 
Bulan ini untuk pertama kalinya aku ngajar di SD. Belum ngajar materi pelajaran sih, tapi melatih kepramukaan sebagai tindak lanjut dari kegiatan KMD. Aku dan keempat temanku ditugaskan di SD Keraton 4, Kota Tegal. Sebulan penuh kami melatih buat lomba pesta siaga dan asal kalian tahu, kami dikasih materi ajarnya dan mulai dari NOL. Wow banget rasanya, harus mikir model dan strategi ngajarnya biar bisa lancar. Yapp, ketika lomba, pas liat nilai, ternyata bisa masuk 10 besar. Nggak nyangka banget, padahal pembina KMD, bahkan kepala sekolah SD tersebut ragu-ragu dengan kemampuan anak0anaknya, dan ternyata usaha kami ini berhasil. terima kasih Ya Rabb, ini pengalaman yang sangat berharga.
Maret
Mulai aktif kuliah, awal kuliah disibukkan dengan tugas-tugas yang baru dikasihkan dosen, selain itu juga mulai jalan kegiatan di organisasi. Akhirnya nggak jadi kupu-kupu lagi (kupu = kuliah-pulang). Ini juga pertama kali Tim Mading Kampus berjalan, hanya sebuah tim kecil beranggotakan empat orang yang ingin peduli mengisi papan mading yang terbengkalai, Hsahhh... alay. Yap, sejak bulan ini, setiap bulannya Mading diganti isinya sesuai dengan tema yang bersangkutan di bulan tersebut.
April
Bulan yang tak terduga. Pertengahan April dapat libur panjang karena dosen-dosennya mengawasi UN di SMA sekitar Tegal, jadilah waktu ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Aku bareng sahabat-sahabatku ada Tanti, Eri, Dian, dan Nino, main bareng. Traveling alias mbolaaaaaang. Berhubung sebelumnya aku ada kegiatan KSR, mereka berempat pulang ke rumah masing-masing dulu, kebetulan orang Pekalongan dan Pemalang. 
Kami mbolang pertama main-main di pekalongan seharian. Selanjutnya mbolang yang sebenarnya di mulai. Shubuh-subuh kami ke stasius Pekalongan, naik kereta jurusan Semarang. Tujuan kita adalah ke Museum Sangiran yang ada di Sragen. Perjalanan dilanjut menggunakan Bus menuju terminal Solo, dan.... baru nyampe terminal Kartosuro, karena ada miss komunikasi, kami turun dari bis. Jadilah kami sewa taksi ke Sangiran. Pulangnya kami ke Solo, nginep di kos teman, area kampus UNS. 
Paginya, kami berangkat ke Candi Prambanan. Menempuh waktu sekitar 3 jam. seharian kami muterin Prambanan dan nggak sengaja ketemu teman-teman kelas kami yang juga lagi main kesana. Sorenya kami lanjut ke Malioboro, sekedar untuk jalan-jalan doang. Malamnya, nginap lagi di kos teman, area kampus UMY. Pokoknya nginepnya itu numpang yg gratisan, :D
Hari ketiga, perjalanan selesai san pulang ke rumah masing-masing. Nggak terduga bisa muter-muter antar kota.
beberapa hari di Banjarnegara, balik lagi ke Tegal. Minggu terakhir bulan April, ada kegiatan tahunan yang diadakan HIMA, yakni MORSE (Momen Olahraga dan Seni). Main voli lagi! Yap, sejak kuliah, aku bertekad minimal bisa ikut kegiatan olah raga. event ini, sekaligus jadi ajang refrashing dari penatnya kuliah. Aku dan kelima teman cewek wakilin kelas tanding voli, tergetnya dapet juara, sayang hasilnya cuma sampai semifinal karena udah drop semua. Untuk tim cowok, tentunya bisa juara 1. Ada pemain, ada suporter juga dong, Marbell B terkenal kekompahan dan kehebohan suporternya. Di kampus pasti semua kenal sama kelas Marbell-B *narsis dikit boleh deh, hehehe
Mei
Ada apa di bulan Mei? Bulan ini termasuk lagi-sibuk-sibuknya sama tugas kuliah. mei nggak ada kegiatan yang terlalu berarti, paling cuma nggarap mading hehe...
Oh iya, bulan ini ada pendaftaran kampus fiksi, sebuah sekolah nulis fiksi yang diadakan oleh penerbit Diva Press di Jogja selama 3 hari. daftarnya lewat seleksi cerpen dan dikirim via email. Dan aku lolos masuk di angkatan VI yang rencananya berlangsung di bulan November.
Juni
Ini dia yang tak terduga selanjutnya. mendadak ada kabar kalau kuota peserta Kampus Fiksi III masih ada yang kosong, dan aku tahunya telat banget. Acara tanggal  15-17 dan aku baru tahu hari kamis tanggal 13, itu pun malam. Tanpa pikir panjang, dibanding nunggu sampai November yang kemungkinan bakal sibuk, aku langsung menghubungi pihak KF, apa masih boleh pindah angkatan atau tidak. Alhamdulillah Dapat respon positif. Berdasar petunjuk Mbak Avifah Ve, selaku pengurus KF yang juga editor Diva Press, aku berangkat dari Tegal Jumat pagi, mampir Banjarnegara, lalu cap cus ke Jogja. 
sampai di 'rumah' Kampus Fiksi, ternyata udah banyak banget yang dateng, dapat teman baru dari berbagai daerah. Kampus Fiksi angkatan ke III ini pesertanya 29 orang, termasuk aku yang kata Pak Dekan (Mas Syukur) itu penyeludup. hahaha
Di KF ini aku benar-benar bahagisa. Di sini aku dapet banyak banget ilmu yang menyangkut hobi nulisku. Mulai dari tips-tips nulis dari Pak Edi Akhiles selaku CEO Diva Press, sampai penjelasan pendistribusian buku ke toko buku oleh Ms Aconk.
Malam terakhir di sana, kami mengadakan pensi sekalian buat sarasehan. Banyak alumni KF 1 dan 2 yang juga ikutan datang, diantaranya mas Reza Nufa (Penulis Iqra!, Hanif, dan Revolusi) juga Mbak Rara dan Mbak elysa. Mereka bertiga adalah penulis muda yang berbakat dan sudah punya novel masing-masing. 
Ternyata dibanding semua peserta, kemampuan menulisku itu mash jauh dibawah mereka. Inilah gunanya kumpul sama orang-orang sehobi, bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita, lalu juga saling berbagi info dan pengalaman. Benar-benar beruntung bisa menjadi salah satu keluarga Kampus Fiksi dan Diva Press. Oh iya, peserta juga disana dapat sertifikat, member card, juga 5 novel terbitan baru. Nginep dan makannya juga free. Memang acaran yang luar biasa, semuanya gratis :)
Juli
UAS lagi..... kali ini materi-materinya lebih ringan dibanding semester lalu *bukan berarti meremehkan lho ya* Alhamdulillah lagi, IP meningkat :D
Ada lagelaran lagi. Kali ini pagelaran musik, masih di gedung yang sama. Kalau tari, aku masih enjoy karena memang sedikit berminat di bidang Tari, tapi kalau musik, apalagi nyanyi. langsung lambaikan tangan. Jujur, aku paling nggak bisa kalau disuruh nyanyi, buta nada, buta irama. ya wes nasibe kaya ngono. Jadilah aku main pianika bareng teman grupku. hehehe, cari aman aja biar nggak mau-maluin.
Agustus
Libur, Puasa, Lebaran.
Bulan ini liburan renang sama adik sepuasnya. Selain itu, sepanjang hari nulis, nulis, nulis, nulis, nulis, nulis,dan nulis. Sampai orang rumah tuh bosan liat aku duduk diam terus di depan laptop. Waktu yang gampang buat nulis ya kalau di rumah, waktu di kos itu bawaannya pengen ngerjain yang lain, jadinya kalau nulis nggak kelar-kelar. Seminggu nyari referensi, dan dua minggu nulisnya. Yappp, tak terduga satu bulan bisa bikin satu novel. ini pertama kalinya nulis cerita 100 halaman di laptop. 
Menjelang lebaran, berhenti nulis, mulai sibuk mempersiapkan Hari Raya Idul fitri.
Ketika lebaran, itu moment paling membahagiakan karena bisa ngumpul sama keluarga besar. Saling berbagi, saling memaafkan. Salah satu yang kutunggu ketika hari pertama lebaran itu bisa ketemu dan salaman sama si 'dia'. Dan untuk kali pertama, aku nggak ketemuuuu :( <= cinta monyet yang berkelanjutan. hahaha. Kemanapun hati ini berlabuh, ujung-ujungnya balik lagi ke 'dia'. Bahkan ketika nulis ini pun dia ada tak jauh dariku. Aku di dalam rumah, dia di luar. *ups ketahuan deh.
Akhir Agustus, harusnya aku ikutan Kemah Sastra Nasional bareng teman-teman sekolah Cendol di Lembang, ini acara udah aku dambain selama 3 tahun karena gagal  nggak bisa ikut terus. dan apalah mau dikata, benturan sama acara organisasi yang aku nggak bisa ijin. Nyesek banget itu rasanyaaaaaaa :(padahal tau depan du luar jawa, hiks...
September
Masuk kuliah lagi. Kegiatan organisasi juga padat banget, mulai dari pengenalan KSR ke mahasiswa baru, dan aku penanggung jawabnya, lalu juga kegiatan latihan rutin untuk maba yang hampir setiap minggu.
Ini juga pertama mulai ngajar PMR di SMP N 9 tegal. Yapp, berbagi ilmu :D
Oh iya, draf novel yang udah mengendap beberapa minggu, aku revisi dan berniat kirim ke penerbit. Rencana mau kukirim ke Diva Press, eh ternyata lagi nggak nerima naskah. Lalu aku nyari penerbit yang kira-kira cocok sesuai isi naskahku. Oke, akhirnya kirim ke Kinomedia (Zettu). Katanya konfirmasi naskah itu minimal 3-4 bulan. Oke, yang penting udah kirim, semoga berjodoh.
Oia, ini juga tepat setahun jomblo, belum nemu yang sreg. <;= ini nggak penting.
Oktober
Bulan ini kegiatannya ngapain ya? kalau nggak salah sibuk sama tugas-tugas kuliah dan UTS. Masih ada kegiatan buat mahasiswa baru juga. Oia, puisiku dimuat di satelit pos eddisi minggu :D seneng rasanyaaaa...
November
KKL. Kuliah Kerja Lapangan. Ada dua opsi lokasi yang di tuju, Malang atau Jakarta. Aku sendiri pengen banget Malang, selain itu juga kota besar, masih penasaran dama daerahnya. Sayang beribu sayang, keputusan akhirnya berangkat ke Jakarta. sekolah tujuan kami adalah SDN Pondok Labu 11 Pagi. salah satu SD percontohan dengan segudang prestasi. Gila, sekolahnya emang keren banget. Tiap kelas udah ada AC, LCD sama CCTV. anak-anaknya juga cerdas dan aktif. Selesai observasi ke SD, rombongan meluncur kotel dan malamnya ke acara TV dan Marbell-B kebagian nonton Bukan Empat Mata. Yaaa, jadi tahu dunia di belakang layarnya. Gimana kru menyiapkan acara, mengkondisikan penonton, sampai sikap host dan bintang tamu ketika sedang break iklan Yah, cukup tau aja.
Hari berikutnya ke Boscha, sayang kesana pas siang hari jadi nggak bisa neropong bintang. Sebelumnya, kami makan siang di salah satu rumah Makan di Lembang yang belakangnya ada lokasi campinya, bukit-bukit dan rumah kurcaci, indah banget. selesai makan, kami menuju Boscha. dalam perjalanan, ponselku bergetar. ternyata asa sms yang isisnya..... Novel saya di ACC sodaraaaaaaaaaaaaa...... di bis jingkrak-jingkrak sendiri saking bahagianya. Alhamdulillah, seneng banget rasanya.
Selanjutnya menuju ke saung Angklung Udjo, disini ketemu banyak turis. pementasan anak-anak dari komunitas Saung Udjo juga bagus banget, penonton juga diajak main bareng dan semua dipinjami angklung untuk dibunyikan sesuai irama. Keren... 
Desember
Awal desember ada open requitmen organisasi, aku yang di daulat sebagai koordinator divisi Humas KSR, halah narsis juga ikut menyeleksi mahasiswa yang berminat gabung di KSR. Ada 84 peminat, dan yang diterima hanya 20 orang. Seleksi yang ketat.
Selesai ngurusi oprek, gantian sibuk sama panitia DIKLATSAR. Tahun lalu aku jadi perserta DIKLATSAR, dan taun ini jadi panitianya :D
desember penuh dengan rapat dan tugas yang bejibun. Minggu terakhir perkuliahan, bukannya santai malah tugas berdatangan ngantri. Benar-benar nguras pikiran. Namun akhirnya selesai juga tepat waktu. :D
minggu Terakhir desember (sekarang) hari tenang. 
Yap, seminggu di rumah, kebetulan adik juga libur akhir semester, kami liburan sekeluarga muter-muter Dieng. Berawal dari nggak dapat ijin mau mbolang sendirian ke Dieng, jadilah pakai mobi, berangkat bareng. Ke Kawasan Candi Arjuna, telaga warna, telaga pengilon, gua-gua, telaha menjer, sampai renang ke kali anget :D

Tuhan, terima kasih atas segala kesempatan yang Kau beri untukku dan orang-orang di sekelilingku.
Target 2014 segera kutulis.
Hanya berharap semoga di tahun-tahun mendatang Tuhan meridhoi setiap langkahku menuju kebaikan :D

2013 = istimewa
2014 = luar biasa (semoga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar