Rabu, 28 Desember 2011

manfaat senyum

Sobat ternyata senyum banyak banget manfaatnya lho.



 
Ketika seseorang senyum betapapun sedang tidak bahagianya orang tersebut, maka otak akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sekaligus juga membuat perasaan menjadi tenang, tentram, nyaman dan bahagia atau memberi daya angkat beban jiwa bagi kondisi psikologis seseorang.
Menurut Joan Coggin, M.D., anak-anak tertawa sekitar 400 kali sehari dan orang dewasa 15 kali sehari, itu artinya orang manusia kehilangan 385 tawa seiring bertambahnya usia.
Menurut riset yang pernah dilakukannya, tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stres. Tertawa juga bisa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang membantu perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh.
Menurut para ahli, 20 menit terbahak-bahak setingkat dengan 5 menit aerobik dalam gerakan dayung dan satu menit sebanding dengan bersepeda 15 menit.
Manfaat tersenyum dan tertawa bagi kesehatan kita:
  1. Senyum membuta anda lebih menarik. Orang yang suka tersenyum membuat orang disekitarnya nyaman dan senang, dan bisa dipastikan punya banyak teman.
  2. Senyum mengubah perasaan. Jika sedang sedih dan kemudian tersenyum, perasaan akan menjadi lebih baik.
  3. Senyum menular. Ketika seseorang senyum, orang lain akan senang dan membalas senyuman itu dengan bahagia
  4. Senyum menghilangkan stres.
  5. Senyum meningkatkan imunitas. Tekanan darah ketika senyum itu lebih rendah. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum.
  6. Senyum membuat awet muda. Karena senyum menggerakkan banyak otot
  7. Senyum membuat anda terlihat sukses. Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri, terkenal dan bisa diandalkan.
  8. Senyum membuat orang berpikir positif.

Sumber: majalah Gemilang PGSD UNNES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar