Kamis, 01 Januari 2015

Kilas Balik 2014



Beneran 2014 udah berakhir nih? Kok kayaknya masih banyak banget hal yang belum tercapai di tahun ini ya…
Beberapa target Alkhamdulillah bisa terealisasikan, selebihnya semoga di 2015 bisa tercapai. Mau flashback dulu perjalanan sepanjang 2014 ini ah…
Januari
Bulan baru di setiap tahunnya. Bulan istimewa pula karena tepat tanggal 27 aku bertambah usia halah. Januari tahun 2014 adalah hari yang sibuk. Minggu pertama dan kedua ada UAS, kemudian minggu ketiga liburan di rumah, minggu ke empat udah balik lagi ke kos buat ngurus persiapan DIKLATSAR KSR kampus. Yang special di bulan ini mungkin karena banyak keluarga dan sahabat yang mengucapkan ulang tahun serta mendoakannya. 
Februari

Libur kuliah. Minggu pertama disibukkan kegiatan DIKLATSAR KSR dari pagi sampai malem yang sedikit sekali waktu istirahatnya. Dalam kegiatan ini, kekeluargaan amat terasa ketika kami semua dituntut untuk saling memahami dalam bekerjasama dan tak boleh ada kata egois karena ini merupakan puncak kegiatan KSR yang melibatkan seluruh mahasiswa. Benar-benar buat nambah wawasan dan pengalaman. Ah, Ada satu kebahagiaan yang terselip ketika ada seseorang yang tiba-tiba mendekat dan selalu menyemangati. Ketika sudah pulang ke rumah, kami sempat main bareng ke Purbalingga. Ya, hanya teman dekat saja. Kemudian di akhir februari, mbolang dadakan ke candi menggunakan kendaraan umum. Kalau ini judulnya nekat dan tanpa persiapan panjang. Alhamdulillah lancar.




Maret
Pulang ke perantauan, kuliah kembali dimulai. Weekend pertama berangkat ke Semarang bareng anak KSR buat latihan gabungan sama KSD PGSD Ngaliyan. Acaranya seru, diajarin turun tebing serta menggunakan segala macam peralatan keamanannya. Ditawarin juga nyoba rapling Helly, terjun dari atas ketinggian hanya dengan seuntas tali. Menegangkan tapi bikin ketagihan. Minggu kedua masih ada acara KSR, Musyawarah Anggota sekaligus Pendemisioneran (lepas jabatan). Setahun sama keluarga baru di KSR benar-benar bikin nyaman dan berat kalau harus berpisah. Love you all team of KSR PGSD UPP Tegal.
April
Satu hari bareng teman sekelas melakukan kunjungan ke SLB Kota Tegal dalam rangka observasi. Disana banyak anak istimewa yang diberi perlakuan khusus, sesaat ingin juga bisa berkomunikasi dengan mereka semua, sayang perlu banyak latihan, mulai dari bahasa isyarat hingga baca huruf brile. Kemudian ada MORSE. Seperti biasa, kelas kami unggulan di keolahragaan, sayang tim voli putrid belum mampu jadi yang terbaik. Ehm… Mengenai teman dekatku itu, bulan ini kami lepas komunikasi. Ingin menjaga jarak saja. Yah, walaupun galau karena kehilangan hihihii. Weekend terakhir main ke waduk cacaban, refreshing.
Mei
Mei nggak terlalu banyak cerita. Minggu pertama, entah bagaimana ‘temanku’ itu datang lagi. Galaunya ilang deh haha, bisa komunikasian dan makin dekat. Mengenai kuliah, mulai banyak tugas. Satu per satu mulai diselesaikan.
Juni
Full sibuk sama kuliah, ngurusin topik skripsi, nyelesein tugas-tugas akhir semester, juga harus mulai persiapan buat UAS. Nggak banyak cerita bulan ini.
Juli
Minggu pertama UAS, Alhamdulillah bisa melewati dengan baik. Minggu kedua istirahat liburan. Minggu ketiganya ada Microteaching yang nilainya masuk ke PPL 1. Minggu keempat lebaran, ketemu keluarga besar untuk beberapa hari bisa tenang melepas beban kuliah.
Agustus
 PPL 2. Ngajar di SD. Awalnya takut dan deg-degan, wawas juga kalau nanti gagal ngajar langsung di SD. Yeah, nggak sesulit yang dibayangkan. Lebih asik ngajar langsung anak SD daripada praktik ngajar di kampus. Kita bisa lebih dekat sama anak-anak, terus kalau marahpun hanya sesaat. Bisa lupain masalah pribadi juga kalau lagi di dalam kelas.

September
Masih PPL 2, sorenya kuliah lagi. Ketemu teman-teman PPL yang bisa diajak kerjasama dan menyenangkan itu bikin aku beruntung banget. Semua kegiatan bisa terlaksana dengan lancar. Makasih Agung, Fitroh,
Masruroh, Titin, Mei, Ghaida, Zaenal.
Oktober
Bulan ketiga PPL 2, Alhamdulillah ujian akhir lancar dengan hasil yang baik. Akhir oktober akhirnya ada kesempatan ketemu teman-teman di komunitas nulis. Aku ikutan WTC (Writing Tour of Cekers) di Cipanas, yang sebelumnya ngumpul dulu di markas CeKa di Jaksel. Ketemu penulis idola, Bunda Erin, Ayah Handoko, Abah Yoyok, dll.



November
PPL berakhir, November kegiatannya KKN selama 45 hari. Ditempatkan di desa wilayah Kabupaten Tegal yang jaraknya sekitar 20 menit dari kota. Ketemu teman-teman baru, Ami, Desti, Devi, Mala, Tika, Retno, Fajar, Dita. Banyak banget hal yang bisa diambil hikmahnya, terutama tentang kerjasama dan pengabdian masyarakat. Tentang teman dekatku yang kuceritain bulan Mei, di bulan ini aku memutuskan untuk pergi (lagi). Lah capek nungguin yang nggak pasti, komunikasi aja udah jarang dari agustus. Berharapnya ke depan keduanya lebih baik.


Desember
Masih sibuk dengan kegiatan KKN. Ketika ada waktu luang, masih tetap bisa hangout sama anak-anak kelas. Selalu banyak cerita setiap kali ketemu mereka. Dalam satu kesempatan, akhirnya bisa nyari alamat seorang sastrawan besar yang tinggal di Tegal, Alm.Piek Ardiyanto. Gurunya para penyair Indonesia tahun 80-90an. Ngobrol sama Ibu Piek yang udah senja namun masih semangat cerita tentang sastra. Kapan-kapan pengen kesana lagi.
Selesai KKN, liburan hari tenang di rumah waktunya main-main hehe. Kebetulan ada yang nngajakin ndaki ke gunung prau, dieng. Yeayy akhirnya kesampaian ndaki kesana juga 2565 Mdpl. Jalannya sih oke, tenaga kuat tapi pas diatasnya nggak kuat dingin. Menggigil sepanjang malam. Tapi seru juga ketemu teman-teman baru. Kemudian menutup tahun 2014, aku bareng Indah dan Retno main ke Curug Pitu yang ada di daerahku. Bahagia banget puas main air dari pegunungan.




Banyak cerita di tahun 2014. Semoga Tahun 2015 bisa lebih indah dan menjadi titik awal kesuksesanku dalam segalanya. Amiin.
Makasih Ya Allah udah dipertemukan lagi di Januari :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar