Jumat, 05 Agustus 2011

Menulis Resensi Yuk!!!

oleh : Hendy Lazuardy Hendrawan

Assalamu'alaikum. Wr. Wb
Hai para cendolers dari seluruh dunia, termasuk dunia dedemit. kali ini saya akan membahas mengenai resensni. Ok mungkin sebagian telah mengetahui apa resensi itu, namun bagi yang belum tau dan mengenal apa resensi itu, baiklah saya akan menjelaskan secara singkat dan jelas apa itu rensensi. Mari para cendolers perhatikan penjelasan mengenai resensi.


Istilah resensi  oleh Gorys Keraf (1980:274) didefinisikan sebagai sebuah tulisan atau ulasan mengenai nila sebuah karya atau buku. Tulisan dimaksud untuk memberikan pertimbangan atau penilaian.

Yus Rusyana (1996:1) memberikan definisi yang senada dengan Gorys Keraf dengan objek rensensi yang sangat luas. Menurutnya, resensi adalah tulisan mengenai buku pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedi, dan sebagainya yang mengikhtisarkan, menggambarkan, menjelaskan, dan menilai buku. Ke dalam batasan atau definisi ini tercakup juga timbangan atas filem dan drama atau bahkan bentuk-bentuk pementasan seni lainnya. Oleh karena itu, kita juga sering mendengar istilah resensi filem atau resensi drama.

Tujuan pokok penulisan resensi mencakup tiga hal, yakni :

  1. Memberikan sugesti kepada pembaca, apakah sebuah buku/filem patut dibaca/ditonton atau tidak.
  2. Melukiskan dan memaparkan pendapatnya melalui sebuah timbangan atau penilaian; dan 
  3. Menyodorkan kriteria-kriteria yang jelas dalam mengemukakan pendapatnya itu. 
Sebuah resensi paling tidak memiliki tiga fungsi utama, yakni :
  1. Fungsi Informatif, yakni menginformasikan keberadaan buku/film tertentu sehingga pembaca merasa tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut;
  2. Fungsi Komersial, yakni mempromosikan produk baru untuk kepentingan komersial; dan
  3. Fungsi Akademik, yakni interaksi antara penulis/pengarang buku, penerjemah, editor, dan presensi dalam membentuk wacana keilmuan mengenai topik tertentu. 
secara umum, tulisan resensi buku terdiri atas dua bagian penting, yakni :
  1. Gambaran umum isi buku yang di resensi dan
  2. Kupasan, bahasan, dan penilaian atas isi buku itu.
Sistematika resensi buku meliputi :
  1. Judul resensi (boleh sama dan boleh berbeda dengan judul buku yang di resensi).
  2. Perwajahan, meliputi : (a). Judul Buku, (b). nama pengarang/penulis, (c). nama penerbit dan tahun penerbit, (d). Jumlah halaman, (e). Jenis huruf, (f). Halaman sampul (cover), dan (g). Harga buku.
  3. Pembukaan, meliputi : (a). Uraian yang menjelaskan isi buku secara umum, (b). Kaitannya dengan hal di luar isi buku (bila perlu).
  4. Pembahasan, meliputi : (a). Analisis terhadap isi buku disertai alasan dan bukti yang ada dalam isi buku, (b). Analisis kekuatan dan kelemahan (bila ada) isi buku yang di resensi, (c). Pembanding dengan sumber-sumber yang berbeda, (d). Gagasan-gagasan penulis mengenai buku itu.
  5. Penutup, meliputi : Penilaian penulis resensi mengenai perlu-tidaknya pembaca resensi membaca atau memiliki buku tersebut.        
Ada tiga macam teknik meresensi buku, yakni :
  1. Teknik Cutting And Glueing.
  2. Teknik Focusing
  3. Teknik Comparing.
Resensi dapat di kalsifikasikan kedalam ketiga katagori, yakni resensi berjenis : (a). Informatif, menekankan aspek  informasi mengenai isi buku. (b). Deskriptif, menekankan ulasan detail dan rinci untuk setiap bagian atau bab dari buku yang di resensi dan, (c). Kritis, menekankan aspek penilaian secara kritis dan objektif atas isi buku.

Secara garis besar terdapat dua aspek penting yang harus dicermati dalam menilai resensi, yakni aspek luar (penampilan) dan aspek dalam (isi). Aspek luar meliputi perwajahan buku atau kulit muka buku yang akan di resensi. Aspek dalam meliputi paparan isi buku, gagasan, konsep, fakta, informasi, dan esensi keilmuan.P.S : Apa bila punya tertanyaan menyangkut resensi silakan tinggalkan pertanyaan di dockumen ini.

copas dari Diskusi Fiksi.Menulis Fiksi.Membaca Fiksi (Universal Nikko+mayokO aikO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar